Lenovo ThinkPad 13 - Laptop Untuk Semua Kalangan

14/08/2017

Bodinya yang ringan namun kuat, daya tahan baterai yang panjang, dan berbagai macam konfigurasi yang dapat dilakukan, Lenovo ThinkPad 13 dibuat khusus untuk bisnis kecil, pelajar, atau siapapun yang menginginkan laptop produktivitas dengan harga terjangkau. 
 
Ketika pertama kali dilunncurkan pada tahun 2016, ThinkPad 13 merupakan salah satu laptop revolusioner dengan menyertakan fitur-fitur baru seperti layar 1080 pixel, SSD serta USB Type-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya. Harganya pun tergolong murah, yaitu dibawah 7 jutaan.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad 13

Prosesor
Intel Core i3-7100U
Sistem Operasi
Windows 10
RAM
4GB
Resolusi Layar
1920 x 1080
Penyimpanan
128GB
Tipe Penyimpanan
M.2 SSD

Desain: Ini Adalah ThinkPad

Produk laptop Lenovo dari lini ThinkPad selalu memiliki ciri khas yang sama, yaitu desainnya yang hampir serupa. Itu sudah menjadi identitas dan ciri khas dari seri ThinkPad. Termasuk dengan ThinkPad 13, memiliki desain yang hampir mirip dengan seri ThinkPad lainnya.
 
Perangkat yang satu ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu silver dan hitam. Bentuknya yang kotak membuat perangkat ini semakin terlihat kokoh. Seperti seri ThinkPad yang lainnya, ThinkPad 13 juga memiliki sebuah red pointing stick ditengah keyboard.
 
Untuk material yang digunakan sebagai bodinya, Lenovo menggunakan material Plastik ABS dibagian punggung laptop. Sedangkan untuk bagian dek, terbuat dari bahan aluminum lid.
 
Bobotnya sendiri terasa cukup ringan, yaitu hanya 1.4 Kg saja. Dengan bobotnya tersebut, kamu bisa membawa laptop ini kemanapun di dalam tas. Cocok untuk kamu yang memiliki tempat kerja jauh. Atau yang sering membawa laptop sambil bepergian.
 
Sebagai sebuah laptop yang dikembangan untuk profesional dan pelajar, ThinkPad 13 memiliki bodi yang cukup kooh. Terbukti dengan ThinkPad 13 telah berhasil melalui 12 jenis tes ketahanan MIL-SPEC. Mulai dari temperatur yang ekstim, guncangan, getaran, serta debu.
 
Lenovo juga mengklaim bahwa ThinkPad 13 telah berhasil lolos dari tes benturan dan jatuh dari atas meja. Jadi, rasanya perangkat ini sangat cocok untuk ijadikan teman bekerja dan juga mengerjakan tugas-tugas kuliah kamu.

Layar

Pada pengujian yang dilakukan, ThinkPad 13 dengan layar 1920 x 1080 dapat menampilkan gambar dengan warna yang cukup akurat. Namun, kemampuan tersebut memang bukan yang terbaik di pasaran. Masih ada laptop lain yang dapat menampilkan warna dengan lebih baik dibandingkan dengan ThinkPad 13.

Speaker

Lenovo membekali ThinkPad 13 dengan dua buah speaker yang ditempatkan dibagian depan laptop. Dengan begitu, suara yang keluar akan dapat lebih dinikmati telinga karena langsung mengarah kepada pengguna.
 
Dari hasil pengujian, speaker perangkat ini mampu menghasilkan suara yang cukup besar disebuah ruangan berukuran sedang. Sangat cocok untuk kamu yang sering mendengarkan musik, menonton film, atau menikmati konten multimedia suara lainnya.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard ThinkPad 13 memang tidak dibekali dengan lampu backlit, namun tetap nyaman digunakan untuk mengetik. Bahkan berdasarkan testimonial beberapa pengguna, mereka mengaku sangat puas dengan kualitas keyboard ThinkPad 13 ini.
 
Sama seperti perangkat laptop dari lini ThinkPad lainnya, perangkat yang satu ini juga dibekali dengan touchpad dan TrackPoint berwarna merah di keyboard. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan ThinkPad, mungkin kamu akan lebih menyukai menggunakan TrackPoint dibandingkan dengan menggunakan TouchPad.
 
Pasalnya, TrackPoint tidak memerlukan banyak ruang seperti ketika kamu menggunakan TouchPad. Jadi, kamu bisa bernavigasi di layar tanpa perlu banyak menggerakan jari. Sangat efisien.

Port dan Konektivitas

ThinkPad 13 dibekali dengan banyak port yang kamu butuhkan untuk meningkatkan produktivitas. Di sisi kiri laptop, terdapat sebuah properietary port, USB 3.0 dan sebuah port OneLink+ untuk menghubungkan laptop dengan Docking Station milik Lenovo.
 
Dan di sisi kanan, terdapat dua buah port USB 3.0, HDMI out, sebuah SD Card Reader, Keningston lock slot dan port USB 3.0 yang bisa kamu gunakan untuk transfer data dan juga mengisi daya.

Performa

Dilengkapi dengan Intel Core i3-7100U sebagai dapur pacunya, laptop ini bisa dikatan memiliki performa yang cukup untuk menjalankan berbagai komputasi dasar yang tidak terlalu berat. Ditammbah lagi dengan penggunaan RAM sebesar 4GB dan penyimpanan SSD sebesar 128GB, menjadikan laptop ini lebih cepat.
 
Kamu dapat membuka banyak tab di Chrome tanpa ada lag yang berarti. Namun jika kamu membutuhkan performa yang lebih tinggi untuk berbagai kegiatan komputasi yang lebih canggih, sangat disarankan untuk menggunakan varian Core i5 dengan RAM 8GB.

Kesimpulan

ThinkPad 13 adalah laptop yang kokoh, desain yang ramping, keyboard yang nyaman, serta port yang lengkap. Sangat cocok digunakan untuk kalangan profesional, pelajar, mahasiswa, atau siapapun yang membutuhkan laptop produktivitas dengan harga dibawah 8 jutaan.
 
Visit Our Online Store : https://www.agres.id