Tips Membeli Laptop Dengan Budget Minim

13/05/2017

Ada banyak sekali produsen laptop di dunia. Masing-masing dari mereka memproduksi laptop untuk banyak segmen mulai dari kalangan profesional, gamer, sampai dengan mahasiswa dan pelajar. Karenanya ada banyak sekali tipe dan merk laptop yang beredar di pasaran.
 
Mulai dari laptop berspesifikasi tinggi, sampai yang berspesifikasi biasa-biasa saja. Ada juga laptop dengan harga yang sangat mahal, ada juga yang relatif murah. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara memilih laptop yang sesuai dengan budget? Berikut ini adalah beberapa tipsnya.
 
Cari Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhan
Setiap laptop dibuat untuk kebuthan yang berbeda-beda. Ada laptop yang diciptakan untuk gaming, multimedia, sampai dengan komputasi sehari-hari yang ringan.
 
Karenanya, untuk mendapatkan laptop sesuai dengan budget yang dimiliki, cari tahu terlebih dahulu apa kebutuhan anda. Jangan sampai karena menyesuaikan dengan budget yang dimiliki lantas anda mendapatkan laptop yang tidak sesuai dengan kebutuhan.
 
Ketika mengunjungi toko laptop, jelaskanlah pada pemilik toko, jelaskanlah apa yang akan anda lakukan dengan laptop tersebut. Apakah untuk desain grafis, untuk bermain game, atau hanya untuk sekedar komputasi ringan.
 
Cari Informasi Harga di Internet
Saah satu cara terbaik untuk mencari laptop yang sesuai dengan budget adalah dengan mencar informasi harga laptop di internet. Anda bisa mengunjungi toko online yang khusus menjual laptop.
 
Untuk mendapatkan harga terbaik, kunjungilah beberapa toko online sekaligus. Lalu bandingkan harga laptop dengan merk dan tipe yang sama dari beberapa situs toko online tersebut. Biasanya toko online memiliki fitur untuk memfilter harga.
 
Anda bisa melakukan filter harga sesuai dengan budget yang anda miliki. Toko online hanya akan menampilkan laptop dengan kisaran harga yang anda masukkan. Kemudian pilihlah laptop yang sesuai dengan budget yang anda miliki.
 
Belilah Laptop Dengan Tanpa Sistem Operasi
Berdasarkan sistem operasinya, biasanya pabrikan laptop menjual dua macam laptop. Yaitu laptop yang sudah di install sistem operasi (Windows), atau yang masih kosong (DOS).
 
Dua buah laptop dengan merk dan tipe yang sama, bisa memiliki harga yang berbeda jika salah satunya sudah terinstall Windows dan satunya DOS. Itu karena laptop yang telah terinstall Windows memakan biaya tambahan yaitu untuk lisensi Windows-nya.
 
Sedangkan laptop yang masih dalam kondisi kosongan” akan dibanderol denga harga yang lebih murah. Selisihnya biasanya mencapai 1 jutaan. Jika anda punya budget yang minim, maka belilah laptop dengan DOS. 
 
Itu dia beberapa tips ketika ingin membeli laptop dengan budget minim. Sehingga nantinya anda bisa mendaatkan laptop dengan spesifikasi menarik walaupn dengan budget minim.