Mengenal 5 Jenis Laptop Berdasarkan Spesifikasi dan Fungsinya

15/05/2017

Saat ini laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Terutama mereka dari kalangan pelajar, mahasiswa, sampai dengan pegawai kantoran. 
 
Penjualan laptop tidak pernah sepi setiap tahunnya. Karenanya para vendor pembuat laptop berlomba-lomba menghadirkan produk laptop dengan berbagai inovasi dan spesifikasi.
 
Karenanya, lahirlah jenis-jenis laptop yang ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk anda yang sedang ingin membeli laptop, kenali 5 jenis laptop ini berdasarkan spesifikasi dan fungsinya.
 
Ultrabook
Ultrabook adalah laptop yang memadukan anara desain yang tipis dan juga spesifikasi yang tinggi. Laptop jenis ini diranang untuk para profesional yang menginginkan laptop dengan spesifikasi handal namun juga menginginkan mobilitas yang tinggi.
 
Ultrabook dengan desainnya yang tipis cocok untuk dibawa bepergian untuk tugas kerja ke luar kota, atau keperluan lainnya. Spesifikasinya yang tinggi juga membuat pekerjaan lebih mudah karena bisa menjalankan aplikasi apa saja.
 
Karena memadukan desan yang tipis dan spesifikasi yang tinggi, rata-rata ultrabook dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi.
 
Notebook Touchsreen
Notebook Touchscreen, seperti namanya adalah notebook dengan layar yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan sentuhan. Anda bisa menggunakan notebook hanya dengan menyentuh layar notebook layaknya sebuah tablet.
 
Notebook touchscren biasanya banyak dipakai orang yang menggunakan laptop untuk menikmati konten-konten multimedia seperti game-game ringan, menonton film, dan mendengarkan lagu.
 
Laptop Gaming
Laptop jenis ini dibekali dengan spesifikasi yang tinggi dari berbagai sisi. Mulai dari proseor, kartu grafi, sampai dengan jumlah RAM. Laptop gaming juga biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal karena spesifikasi mumpuni yang dibawanya.
 
Laptop jenis ini biasanya banyak dipakai oleh para gamer hardcore, yang menginginkan pengalaman terbaik ketika bermain game. Selain dibekali dengan spesifikasi tinggi, laptop gaming juga biasanya dibekali dengan fitur-fitur khusus untuk meningkatkan pengalaman pengunanya ketika bermain game.
 
Laptop gaming biasanya mempunyai bodi yang bongsor karena harus menyertakan beberapa kipas pendingin untuk menjaga suhu laptop tetap stabil ketika digunakan untuk bermain game.
 
Standard Performance
Laptop standard performance adalah laptop dengan spesifikasi biasa-biasa saja yang ditujukan untuk komputasi sehari-hari seperti browsing, membuat dokumen dan komputasi dasar lainnya.
 
Karena memiliki spesifikasi yang biasa saja, laptop jenis ini biasanya dibanderol dengan harga yang relatif murah. 
 
Laptop 2-in-1
Laptop 2-in-1 adalah gabungan antara laptop dengan tablet. Menggunakan laptop 2-in-1 seperti memiliki dua perangkat sekaligus. Ketika anda ingin menggunakannya untuk bekerja, anda bisa memasang keyboardnya.
 
Sedangkan ketika anda ingin menggunakannya untuk bermain dan menikmati konten multimedia, anda bisa melepas keyboard dan menjadikannya tablet.
 
Laptop 2-in-1 adalah jenis laptop yang dikhususkan untuk mereka yang menginginkan laptop serba bisa. Bisa digunakan untuk bekerja maupun untuk bermain.
 
Setelah membaca jenis-jenis laptop diatas, anda sekarang tahu laptop seperti apa yang cocok dengan kebutuhan anda.