Apa Itu Ransomware WannaCry dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

15/05/2017

Saat ini dunia sedang tertuju pada satu pemberitaan yang sama yaitu tentang Ransomeware yang disebut dengan nama WannaCry atau ada juga yang menyebutnya WannaCrypt. Beberapa target besar yang berhasil di serang oleh WannaCry adalah dua rumah sakit di Inggris dan Skotlandia. Karenanya, layanan kedua rumah sakit tersebut terhenti. Data-data penting seperti data pasien, rekam medis, dan dokumen-dokumen penting rumah sakit tidak bisa dibuka.
 
Di Indonesia sendiri WannaCry juga telah berhasil menyerang layanan sebuah rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Dharmais di Jakarta. Tidak hanya rumah sakit, WannaCry juga menyerang perusahaan-perusahaan swasta di seluruh dunia.
 
Apa itu Ransomware WanaCrypt?
Ada beberapa tipe malware, antara lain adalah spyware, adware, keylogger, sampai dengan trojan. Masing-masing malware memiliki cara kerja dan tujuan yang berbeda dalam merusak sistem komputer korban. Spyware dibuat dengan tujuan untuk memata-matai komputer korban. Adware dibuat untuk menampilkan iklan yang biasanya disisipi pada program-program komputer hasil crack. Keyogger merekam semua kata dan kalimat yang diketik korban melalui keyboard.
 
Sedangkan Ransomware bisa dikatakan adalah malware jenis baru. Cara kerjanya pun berbeda dari jenis malware lainnya. Ransomware biasanya akan mengenkripsi data-data yang tersimpan di komputer target yang terinfeks, sehingga si korban tidak bisa menggunakan data-data tersebut.
 
Tidak hanya berhenti disitu, si pembuat Ransomeware juga akan meminta tebusan jika si korban menginginkan data-data di komputernya bisa digunakan lagi. Sudah cukup banyak virus yang masuk dalam kategori Ransomware telah memakan korban dalam jumlah banya.
 
Nah, beberapa hari terakhir, dunia sedan dihebohkan dengan pemberitaan mengenai satu Ransomware bernama WannaCry. Sama seperti Ransomware pada umumnya, WannaCry juga mengenkripsi data-data milik korban sehingga tidak bisa digunakan. Berdasarkan laporan dari berbagai sumber, WannaCry dapat menginfeksi komputer dengan OS Windows 8, 7, XP dan Vista.
 
Saking berbahayanya WannaCry, Microsoft bahkan sampi merilis update patch untuk versi-versi Windows lawas tersebut. Lalu pertanyaannya, bagaimanakah cara mencegah WannaCry agar tidak menyerang komputer anda? Salah satu caranya adalah dengan mengupate Windows.
 
Update Windows
Mengupdate Windows sangat penting karena Microsoft selalu rutin melakukan "penambalan" pada celah keamanan yang ada pada Windows. Jika anda saat ini menggunakan Windows 10, Wndows 8.1, dan Windows 7, segera update sistem operasi anda melalui Windows Update. Pastikan bahwa anda mengunduh seluruh patch security sampai selesai.
 
Sedangkan untuk kamu yang masih menggunakan Windows versi yang lebih lawas seperti Windows 8 dan Window XP (dengan bahasa inggris), unduh dan install patch security pada link-link di bawah ini:
 
Untuk anda yang menggunakan Windows dengan bahasa Indonesia, unduh security patch melalui link dibawah ini: