5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

16/05/2017

Laptop yang baru dibeli, belum sepenuhnya bisa digunakan. Ada beberapa pengaturan dan hal yang harus dilakukan agar laptop dapat digunakan dengan nyaman sesuai dengan keinginan.
 
Jika anda baru saja membeli sebuah laptop baru, maka berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan.
 
Lakukan Update
Jika laptop yang anda beli sudah terinstall Windows secara default, maka anda harus melakukan update segera. Karena setelah keluar dari pabrik, laptop tersebut tidak pernah digunakan dan di update.
 
Untuk melakukan update, ketik "updates" pada kolom pencarian Cortana di Windows.  Lalu pilih "Check for updates". Lalu Windows akan mulai mencari pembaruan sistem dan melakukan update. Tunggu sampai proses update selesai.
 
Salin atau Sinkronisasikan Berkas Anda
Apa gunanya laptop baru tanpa berkas dan data-data lama anda seperti foto, video, musik, film, dan lain-lain. Karenanya, hal yang perlu dilakukan ketika anda membeli laptop baru adalah menyalin atau sinkronisasikan data-data anda.
 
Jika anda menyimpan data di layanan penyimpanan awan seperti Dropbox dan Google Drive, maka tinggal download saja aplikasi cloud storage tersebut dan data-data anda akan terdownload secara otomatis. Jika sebelumnya anda menyimpan data-data di hard disk lain, lakukan copy-paste secara manual ke ruang penyimpanan laptop yang baru anda beli.
 
Install Browser (Firefox / Chrome)
Sebenarnya Windows 10 datang dengan browser bawaan bernama Edge. Namun sebagian orang tidak terlalu familiar dengan Edge dan lebih memilh menggunakan browser Firefox dan Chrome.
 
Jika anda juga ingin menggunakan browser selain Edge, anda bisa mendownloadnya melalui link dbawah ini:
 
 
Hapus Bloatware
Beberapa vendor laptop menyertakan banyak aplikasi pihak ketiga. Mulai dari aplikasi antivirus dengan masa coba 30 hari, sampai dengan game-game ringan seperti Candy Crush dan Angry Birds.
 
Selain memenuhi ruang penyimpanan laptop, Bloatware juga terkadang mengganggu karena jarang digunakan. Anda bisa menghapus bloatware-bloatware tersebut agar laptop lebih nyaman digunakan.
 
Install Program-program yang Diperlukan
Untuk dapat digunakan secara optimal, laptop tentu harus terpasang program-program pendukung untuk menangani masalah pekerjaan dan sebagainya. Anda bisa menginstall program-program yang dibutuhkan seperti Microsoft Office, Internet Download Manager, Steam, dan lain-lain.
 
Dengan menginstall program-program yang anda butuhkan, maka sekarang laptop anda siap untuk menemani anda bekerja, dan bermain.
 
Itu dia 5 hal yang harus anda lakukan pada laptop yang baru anda beli. Dengan melakukan 5 hal diatas, laptop akan dapat digunakan sesuai dengan keinginan anda.