Tips Menghindari Virus dan Malware Komputer

17/05/2017

Saat ini virus dan malware komputer merupakan momok bagi para pengguna komputer dan laptop. Terutama mereka yang menggunakan sistem operasi Windows versi lawas seperti Windows 8, 7, Vista dan XP. Belum lagi dengan pemberitaan mengenai Ransomware WannaCry yang telah menginfeksi ratusan ribu komputer di seluruh dunia.
 
Virus komputer dapat mengganggu kelancaran sistem komputer sampai dengan menyebabkan komputer mati total. Data-data penting seperti dokumen pekerjaan, foto kenangan, video-video, dan data penting lainnya juga dapat hilang karena ulah virus komputer.
 
Tentu tidak mau kan kalau virus menyerang komputer atau laptop anda yang bisa berakibat hilangnya data-data penting? Untuk menghindari laptop dan komputer anda terserang virus, anda bisa melakukan 5 hal sederhana dibawah ini.
 
Gunakan Antivirus
Menggunakan sistem operasi Windows wajib hukumnya untuk memasang program antivirus. Beberapa program antivirus yang cukup populer adalah McAfee, BitDefender, Avira, Symantec, F-Secure, dan lain-lain. Denga memasang program ativirus di laptop, program antivirus tersebut akan secara berkala melakukan scanning terhadap seluruh file dan program yang ada di laptop. Antivirus akan menginformaikan kepada anda ketika ada file atau program yang dicurigau mengandung virus.
 
Lakukan Update Secara Teratur
Microsoft secara berkala melakukan pembaruan untuk Windows. Pembaruan-pembaruan tersebut dtujukan untuk menambal” bug atau celah keamanan yang berpotensi digunakan oleh hacker untuk menciptakan virus. Jika ada notifikasi unuk melakukan update, usahakan untuk sesegera mungkin mendownload update tersbut agar laptop anda lebih aman dari serangan virus.
 
Hindari Mengunduh File Sembarangan Dari Internet
Virus komputer dapat disebarkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menyisipkannya pada file dokumen, pdf, gambar, dan file lainnya. Jangan pernah menggunduh dan menggunakan file-file yang tidak jelas asal-usulnya. Beberapa cara hacker untuk menyebarkan vrus melalui file ini adalah dengan mengirimkannya melalui email. Karenanya, selalu berhati-hati jika menerima email yang berisi attachment.
 
Jangan Gunakan Program Crack dan Patch
Maraknya penggunaan software bajakan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan virus dan malware komputer melalui program crack dan patch. Untuk menghindari virus dan malware melalui cara penyebaran seperti ini, hindarilah menggunakan software-software bajakan. Terutama jika anda tidak tahu asal-usul program crack dan patch tersebut.
 
Jangan Sembarangan Menggunakan Flashdisk
Flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus yang paling banyak digunakan pembuat virus. Karena flashdisk memang menjadi salah satu alat utama para pengguna komputer untuk berbagi atau memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain. Untuk menghindari penyebaran virus dan malware melalui flashdisk, berhati-hatilah ketika menghubungkan flashdisk orang lain ke laptop anda. Pastikan bahwa flashdisk tersebut bersih dari vrus.
 
Itu dia 5 cara sederhana untuk menghindari laptop atau komputer anda dari cengkraman virus dan malware.