Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Sebuah Laptop

22/05/2017

Saat ini laptop sangat besar pengaruhnya terhadap kegiatan manusia. Mulai dari pekerjaan sampai dengan proses pmbelajaran, semua sudah menggunakan laptop untuk mempermudah segala aktivitas tersebut.
 
Ada banyak sekali vendor laptop, dengan menjual berbagai macam tipe laptop. Karena banyaknya tipe dan merk laptop tersebut membuat sebagian orang bingung ketika ingin membeli laptop.
 
Ada laptop yang dibanderol dengan harga yang murah, namu tidak jarang juga ada laptop yang dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Sebenarnya, apa saja sih yang mempengaruhi harga sebuah latop? Berikut ini adalah 5 hal utama yang mempengaruhi harga sebuah laptop.
 
Spesifikasi
Spesifikasi yang dibawa akan sangat mempengaruhi harga sebuah laptop. Semakin tinggi spesifikasinya, maka semakin mahal pula harganya. Karenanya, ketika ingin membeli laptop hal yang harus diperhatikan adalah spesifikasi laptop tersebut.
 
Jika laptop tersebut dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni, maka jangan kaget kalau laptop tersebut dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Begitupun sebaliknya, jika laptop dibekali dengan spesifikasi yang pas-pasan, biasanya laptop tersebut akan dihargai dengan cukup murah.
 
Sistem Operasi
Di pasaran, ada dua jenis laptop. Yaitu laptop yang sudah dipasang sistem operasi (biasanya Windows) juga ada laptop yang masih dalam kondisi kosong (disebut DOS). Dua laptop dengan spesifikasi yang sama, akan memiliki harga yang berbeda jika salah satunya dibekali dengan Windows dan yang satunya lagi masih DOS.
 
Kenapa bisa begitu? Karea untuk dapat memasang Windows ke dalam laptop buatannya, sebuah vendor laptop harus membayar biaya lisensi ke Microsoft. Rata-rata biayanya adalah 1,5 juta rupiah. Karenaya, laptop yang sudah dibekali dengan Microsoft Windows biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan laptop DOS (yang belum memiliki sistem operasi).
 
Jenis Penyimpanan
Jenis penyimpanan yang digunakan sebuah laptop juga dapat mempengaruhi harga untuk laptop tersebut. Saat ini, ada dua jenis penyimpanan yang umum digunakan oleh laptop, yatu Hard Disk dan SSD.
 
Laptop yang dibekali dengan Hard Disk, biasanya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan SSD. Kenapa bisa begitu? Karena SSD adalah media penyimpanan baru yang memiliki berbagai macam kelebihan jika dibandingkan dengan Hard Disk. Salah satu kelebihan SSD adalah kecepatannya, karenanya harganya masih cukup mahal. Itulah sebab kenapa laptop yang menggunakan SSD biasanya cenderung lebih mahal jika dibandingkan laptop yang masih menggunakan Hard Disk.
 
Fitur Tambahan
Sebab lainnya yang memengaruhi harga sebuah laptop adalah dari fitur yang terdapat dalam laptop tersebut. Sebagai contoh, beberapa laptop gaming memiliki fitur yang dapat membuat CPU laptop tetap dingin meski digunakan untuk bermain game selama berjam-jam.
 
Berbeda dengan laptop non-gaming, laptop tersebut tidak memiliki fitur semacam itu. Untuk menghadrkan fitur semacam itu, tentu perlu menghadirkan perangkat tambahan dan juga teknologi yang digunakan dalam laptop. DAn tentu saja hal tersebut memakan biaya tambahan. Karenanya, haga laptop dengan fitur-fitur tambahan memiliki harga yang lebih mahal.
 
Itu dia beberapa hal yang mempengaruhi harga dari sebuah laptop. Karenanya, untuk mendapatkan laptop dengan harga yang sesuai dengan budget, anda harus memperhatikan hal-hal diatas.