Apple Meluncurkan Macbook Pro Dengan Fitur Touch Bar

02/06/2017

Ahir tahun 2016 tahun lalu, Apple meluncurkan deretan produk laptop terbarunya. Tepatnya di Amerika Serikat, Kota Cupertino, dengan acara bertajuk Hello Again”. Masih menggunakan nama Macbook, Apple memperkenalkan laptop generasi terbarunya dengan berbagai fitur baru dan juga peningkatan spesifikasi dari Macbook versi sebelumnya.
 
Dari segi desain, Macbook Pro generasi terbaru ini tidak jauh berbeda dengan Macbook sebelumnya. Sama-sama dibalut dengan bodi berbahan metal, dengan logo Apple yang menyala ketika Macbook digunakan.
 
Namun bukan Apple namanya jika tidak menghadirkan produk-produk inovatif dan berbeda. Walaupun Macbook generasi sebelumnya sudah sangat tipis, namun Apple juga kembali menghadirkan Macbook Pro yang lebih tipis kali ini.
 
Apple mengklaim bahwa Macbook Pro dengan Touch Bar ini adalah Macbook tertipis yang pernah mereka buat sampai dengan saat ini. Ketebalannya 17% lebih tipis dari Macbook Pro sebelumnya. Ketebalan tepatnya yaitu 14.9 mm, dengan bobot hanya 1.5Kg.
 
Hadir Dengan Touch Bar
Salah satu fitur besar yang dibawa oleh Macbook Pro generasi terbaru ini adalah hadirnya panel Touch Bar. Panel ini terletak diatas keyboard, menggantikan deretan tombol Fungsi (F). 
 
Touch Bar sejatinya adalah sebuah tombol sentuh berbentuk panjang. Tombol-tombol yang ditampilkan oleh oleh Touch Bar akan berubah-ubah sesuai dengan aplikasi yang sedang digunakan oleh pengguna.
 
Misalnya ketika anda menggunakan aplikasi chatting, maka Touch Bar akan menampilkan deretan emoji yang bisa membuat chatting anda menjadi lebih seru. 
 
Touch Bar ini juga bisa menampilkan tombol-tombol yang berfungsi untuk mengatur laju video, musik, dan masih banyak laginnya. Tidak hanya itun saja, di salah satu sisi Touch Bar juga tersedia area khusus untuk finger print.
 
Finger print ini berguna ketika pengguna sedang melakukan transaksi Apple Pay dan membutuhkan autentifikasi dengan finger print.
 
Hadir Dalam Tiga Varian
Seperti biasa, untuk menjangkau lebih banyak kalangan, Apple menghadirkan Macbook Pro terbaru ini dengan tiga pilihan spesifikasi. Dua varian dilengkapi dengan Touch Bar, sedangkan satu varian lainnya tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.
 
Varian yang tidak dilengkapi dengan Touch Bar adalah Macbook Pro dengan bentang layar 13 inci. Varian ini dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i5 2.0 GHz dual-core, RAM 8 GB, dan penyimpanan berupa SSD berkapasitas 256 GB.
 
Karena varian yang satu ini tidak dilengkapi dengan fitur Touch Bar, maka harganya tidak setinggi dua kembarannya yang memiliki fitur Touch Bar. Di Indonesia, Macbook tanpa Touch Bar ini dibanderol dengan harga sekitar 19.5 jutaan.
 
Varian kedua yang sudah dilengkapi dengan Touch Bar dan Touch ID tersedia dalam dua ukuran layar. Yang pertama adalah Macbook Pro dengan bentang layar 13 inci. Dibekali dengan prosesor Intel Core i5 2.9 GHz dual-core, RAM sebesar 8 GB, dan media penyimpanan sebesar 256 GB berupa SSD. Varian kedua ini dibanderol dengan harga kisaran 24 juta di Indonesia.
 
Varian berikutnya adalah Macbook Pro dengan dengan bentang layar 15 inci. Adalah varian dengan spesifikasi tertinggi dibandingkan dengan yang lain. Dilengkapi dengan fitur Touch Bar dan Touch ID. 
 
Dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7 2.6 GHz quad-core, RAM 16 GB, serta kartu grafis Radeon Pro 450 2 GB. Untuk penyimpanannya sendiri juga masih sama dengan varian lainnya, yaitu SSD dengan kapasitas 256 GB. Harganya rata-rata 32 jutaan.