Asus X540YA - Laptop Bertenaga AMD E1 -7010 Dengan Layar 15 inci

09/06/2017

Beberapa waktu lalu, Asus baru saja meluncurkan salah satu produk terbarunya. Produk terbaru Asus tersebut adalah laptop yang ditenagai prosesor AMD E1-7010. Perangkat ini dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif, yaitu hanya 3.2 jutaan saja.
 
Untuk diketahui, AMD E1 adalah salah satu prosesor besutan Advance Micro Device yang performa dan kinerjanya setara dengan Intel Core i3. Saat ini rata-rata laptop dengan prosesor Intel Core i3 dibanderol di harga 4 jutaan.
 
Performa dan spesifikasi Asus X540YA
Salah satu kelebihan laptop yang menggunakan prosesor AMD adalah harganya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan laptop berprosesor Intel. Namun walaupun memiliki harga yang lebih murah, laptop dengan prosesor AMD tetap memiliki performa yang bisa disandingkan dengan Intel.
 
Selain membekali perangkat baru ii dengan proesor AMD E1, Asus juga memberikan RAM sebesar 2GB untuk menangani multitasking. Cukup untuk membuka beberapa aplikasi ringan secara bersamaan.
 
Sedangkan untuk grafisnya, vendor asal Taiwan ini menggunakan kartu grafis terintegrasi dari AMD yaitu Radeon R2 dengan arsitektur GCN 128 shader core yang kecepatannya bisa mencapai 350MHz. Jika dibandingkan, performanya hanya satu tingkat dibawah kartu grafis Intel Broadwell.
 
Untuk sektor penyimpanan, bisa dibilang tidak begitu besar juga tidak begitu kecil. Pasalnya Asus menggunakan hard disk berkapasitas 500GB. Sangat cukup untuk menyimpan file seperti foto, video pribadi, file musik, dokumen, dan semacamnya.
 
Sedangkan layarnya menggunakan layar TFT LCD yang dilengkapi dengan LED backlight berukuran 15.6 inci beresolusi 1366 x 768 pixel. Layar perangkat ini juga dilengkapi dengan panel anti glare 60Hz.
 
Untuk memanjakan telinga para penggunanya, Asus tidak lupa melengkapi speaker perangkat ini dengan teknologi SonicMaster Audio. Teknologi tersebut akan menghasilkan suara yang jernih dan bersih.
 
Laptop ini belum dilengkapi dengan sistem operasi, alias masih dalam kondisi DOS. Jadi  kamu bisa memilih sendiri sistem operasi yang ingin kamu gunakan.
 
Desan Asus X540YA
Untuk memenuhi selera banyak orang, Asus membuat tiga varian warna yang berbeda untuk laptop terbarunya ini. Tersedia warna hitam, merah dan juga perak.
 
Perangkat ini memiliki dimensi 34.8 x 24.28 x 2.72 cm. Beratnya tidak lebih dari 2.1 kg, tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa menggunakan ransel.
 
Di sisi kanan dan kiri, perangkat ini dilengkapi dengan berbagai port konektivitas guna menunjang kinerjanya. Beberapa port tersebut antara lain port USB 2.0, USB 3.0, VGA, HDMI, DVD-RW, dan card reader.