Asus Zenbook UX305UA-FC003T - Seri Zenbook Dengan Intel Skylake

12/06/2017

Beberapa waktu lalu Asus secara resmi telah memperkenalkan produk laptop terbarunya yatu Zenbook UX305UA. Perangkat ini terbagi dalam beberapa varian. Varian terebut hanya dibedakan dari prosesornya saja. Salah satu varian Zenbook ini adalah UX305UA-FC003T yang ditenagai prosesor Intel Core i5.
 
Asus sengaja membuat Zenbook ini dalam beberapa varian agar para pengguna laptop dapat memilih laptop ini berdasarkan kebutuhan mereka. Walaupun masih berada satu tingkat dibawah varian tertinggi, namun Asus zenbook UX305UA-FC003T tetap memiliki kinerja yang powerfull.
 
Spesifikasi dan performa Asus Zenbook UX305UA-FC003T
Adapun laptop ini dibekali dengan bentang layar 14 ini berjenis IPS atau In-Plane Switching LCD. Juga dilengkapi dengan LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi Full HD 1920 x 10080 pixel. Asus mengklaim layar tersebut mampu menampilkan spektrum warna hingga 72% NTSC.
 
Dengan layar tersebut, tentu membuat kenyamanan para penggunanya menjadi bertambah ketika menggunakan laptop ini. Resolusi tingginya membuat laptop ini semakin nyaman ketika digunakan untuk mengerjakan edit foto, ataupun desain grafis lainnya.
 
Untuk urusan performa, laptop ini bisa dibilang memiliki performa yang mumpuni karena sudah menggunakan prosesor generasi Skylake. Adapun prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5 6200U dengan kecepatan standar 2.3GHz dan TurboBoost hingga 2.8GHz.
 
Untuk menangani multi-tasking, Asus melengkapi perangkat ini dengan RAM sebesar 4GB. RAM tersebut sudah cukup untuk menangani multi-tasking seperti membuka beberapa aplikasi ringan, menjalankan game, dan semacamnya
 
Jika kamu merasa kurang dengan kapasitas RAM tersebut, kamu bisa mengupgradenya untuk mendapatkan lebih banyak kapasitas RAM. Jadi kamu bisa mendapatkan performa yang lebih tinggi.
 
Dari sisi grafis, Zenbook UX305UA-FC003T ini menggunakan kartu grafis Intel HD Graphics 520. Kartu grafis ini mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan antara 300-1000MHz. Sebagai perbandingan, performa kartu grafis ini setara dengan grafis diskrit Nvidia GeForce 820M. 
 
Walaupun tidak cocok untuk gaming, namun bisa digunakan untu membuka berbagai macam aplikasi dan kontek multimedia secara lancar, seperti menonton film, mendengarkan lagu, dan laiin-lain.
 
Untuk media penyimpanannya, Acer membekali perangkat ini dengan sebuah Solid State Drive (SSD) berkapasitas 256GB. Penggunaan SSD sebagai media penyimpanan tentu membuat laptop ini memiliki kinerja yang lebih tinggi.
 
Karena SSD adalah sebuah media penyimpanan yang dikembangkan dari teknologi RAM, sehingga memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan hard disk drive (HDD). Selain itu, laptop yang menggunakan SSD bebas dari getaran, karena tidak ada komponen bergerak di SSD.
 
Dampak positif lainnya dari penggunaan SSD di laptop ini adalah masa pakai baterainya yang bisa bertahan lebih lama. Itu karena SSD memang menggunakan sedikit baterai. Asus mengklaim bahwa laptop ini mampu bertahan hingga 12 jam pada pemakaian normal.
 
Untuk menghadirkan pengalaman komputasi terbaik kepada para pemakainya, Asus memilih Windows 10 sebagai sistem operasi default untuk perangkat ini. Sehingga pengguna bisa langsung menggunakan laptop ini karena tanpa perlu melakukan pemasangan sistem operasi lagi.
 
Untuk spesifikasi lengkap dari Asus Zenbook UX305UA, kamu bisa melihatnua disini.