Asus Zenbook UX330UA - Ultrabook Asus Dengan Daya Tahan Baterai yang Panjang

14/06/2017

Asus Zenbook UX330UA adalah laptop seharga 12.5 juta dengan SSD 256GB, prosesor Core i5, dan layar jernih dengan resolusi 1080p. Dengan spesifikasi yang sama seperti Asus Zenbook UX330UA, biasanya laptop tersebut dibanderol dengan harga sekitar 15 jutaan. Secara keseluruhan, laptop ini adalah perangkat 13 inci dengan tampilan fisik yang bagus serta dengan daya tahan baterai yang panjang yaitu mencapai 10 jam dalam pemakaian normal, performa yang tinggi, serta layar yang apik.
 
Desain
Zenbook UX330UA punya desain yang polos, namun sangat menarik dengan bodi yang khas seperti produk Asus lainnya. Bagian punggung perangkat ini dilapisi dengan aluminum dengan pola melingkar, sedangkan dibagian keyboard dilapisi dengan material plastik.
 
Dengan dimensi 12.7 x 8.7 x 0.5 inci dan berat hanya 1.2kg saja, Zenbook UX330UA bisa dikatakan adalah salah saatu laptop 13 inci tertipis saat ini. Beberapa laptop lain yang juga memiliki tingkat ketipisan yang hampir sama dengan UX330UA adalah Dell XPX 13, HP Spectre, dan Acer Swift 7.
 
Layar
Asus Zenbook UX330UA dilengkapi dengan layar berukuran 13.3 inci, serta memiliki  resolusi 1080 pixel. Layar UX330UA dapat menampilkan gambar dengan cerah dan warna-warna yang terlihat seperti aslinya. Bahkan ketika dilihat dari sudut kemiringan 75 derajat, gambar di layar masih dapat tampil dengan sangat baik.
 
Ketika menampilkan gambar dengan warna-warna yang berbeda, Asus Zenbook UX330UA dapat melakukannya dengan akurat. Itu karena tingkat Delta-E error-nya hanya 1.1 (semakin kecil semakin baik). Rata-rata laptop hanya memiliki nilai 2.2 sampai dengan 4.1.
 
Audio
Asus Zenbook UX330UA menggunakan speaker Harman Kardon untuk menghadirkan suara yang jernih dan memanjakan telinga. Ketika UX330UA digunakan untuk memutar musik misalnya, maka setiap instrumen (seperti gitar, drum, dan bass) akan terdengar dengan jelas.
 
Asus juga melengkapi Zenboook UX330UA dengan software ICe AudioWizard yang bisa digunakan untuk mengganti pengaturan audio sesuai dengan konten multimedia yang sedang dimainkan seperti musik, suara, dan film.
 
Keyboard dan Touchpad
Zenbook UX330UA menggunakan keyboard yang sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Sangat cocok digunakan untuk bekerja mengetik dokumen dalam waktu yang lama.
 
Touchpad dengan lebar 4.1 x 2.9 inci yang dibawa oleh perangkat ini juga memiliki kinerja yang bagus. Touchpad tersebut dapat digunakan untuk bernavigasi dengan akurat di layar desktop. Tidak ada tombol kiri dan kanan, sehingga touchpad ini tampak lebih luas.
 
Port
Jika biasanya laptop dengan desain yang tipis tidak telalu banyak memiliki port, maka hal tersebut tidak berlaku untuk Asus Zenbook UX330UA. Pasalnya, perangkat ini memiliki port yang cukup lengkap baik di sisi kiri maupun kanannya.
 
Di sisi kiri terdapat satu port USB 3.0, sebuah port jack audio 3.5mm, dan satu buah SD card reader. Sedangkan di sisi lainnya, terdapat port untuk mengisi daya, satu port USB 3.0, serta micro-HDMI dan juga satu port untuk USB type-c.
 
Performa
Asus Zenbook UX330UA menggunakan Intel Core i5-7200U sebagai dapur pacunya. Disertai dengan RAM sebesar 8GB. Tidak lupa, Asus menggunakan Solid State Drive (SSD) berkapasitas 256GB sebagai media penyimpanan utama perangkat ini.
 
Dengan perpaduan ketiga komponen terbaru diatas, maka bisa dipastikan perangkat ini akan mampu menghadirkan performa yang tinggi. Terbukti dengan hasil benchmark yang dilakukan menggunakan Geekbencdan memperoleh angka 7.182.
 
Jika dibandingkan dengan laptop sejenis, maka Asus Zenbook UX330UA menempati urutan teratas. Sebut saja Dell XPS 13 (7.2287).
 
256GB SSD yang digunakan sebagai penyimpanan utama perangkat ini juga memiliki performa yang baik. Ketika dilakukan pengetesan, SSD ini mampu menyalin 5GB data (campuran) hanya dalam waktu 32 detik.
 
Performa SSD tersebut 3 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan hard disk dengan kecepatan piringan 7.200 rpm. 
 
Grafik
Walaupun tidak dapat digunakan untuk bermain game berat. Namun lapto ini bisa digunakan untuk berbagai hal. Kartu grafis terintegrasi Intel HD Graphics 620 chip mampu menghadirkan performa grafis yang lumayan untuk menonton video dan juga memainkan game kasual. 
 
Ketika dilakukan benchmark di 3DMark Ice Storm Unlimited, laptop ini mampu memperoleh angka 66.645. Sebuah perolehan yang cukup bagus, karena rata-rata laptop sejenis hanya mampu mendapatkan angka 53.590.
 
Zenbook UX330UA juga mampu memperolah angka 33 frame per second (FPS) ketika digunakan untuk memainkan game berjudul Dirt 3 pada resolusi 1080 pixel dan pengaturan medium.
 
Kesimpulan
Asus Zenbook UX330UA mampu memberikan performa yang handal dengan desainnya yang tipis dan ringan. Harga yang ditawarkan juga cukup masuk akal jika dibandingkan dengan laptop-laptop lain dengan spesifikasi yang sama.
 
Daya tahan baterai yang panjang juga menjadi kelebihan tersendiri untuk laptop ini. Kesimpulannya, Zenbook UX330UA adalah laptop dengan harga yang masuk akal.