Akankah SSD Meningkatkan Performa Laptop Spesifikasi Rendah?

15/06/2017

Terdapat beberapa komponen yang sangat krusial agar laptop dapat berjalan sebagai mana mestinya. Beberapa komponen tersebut antara lain adalah CPU, RAM kartu grafi, dan juga media penyimpanan. Dari semua komponen tersebut, manakah yang menurut kamu paling berpengaruh terhadap performa laptop?
 
Jika kamu menjawab RAM, maka salah besar. Faktanya, komponen yang paling berpengaruh besar terhadap performa laptop adalah media penyimpanan. Media penyimpanan yang digunakan sangat berpengaruh pada kecepatan laptop.
 
Mulai dari kecepatan membuka aplikasi, menjalankan aplikasi, kecepatan booting, kecepatan copy-paste file, dan maish banyak lagi. Semua itu tidak bisa didapatkan jika menggunakan media penyimpanan yang salah.
 
Well, saat ini dua media penyimpanan yang biasa digunakan oleh laptop ataupun komputer. Yaitu Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Jika diukur dari kecepatan, keduanya memiliki kecepatan yang sangat berbeda.
 
Saat ini ada HDD memang menjadi media penyimpanan yang banyak digunakan untuk laptop. Namun itu bukan karena HDD adalah media penyimpanan terbaik. HDD banyak digunakan karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan SSD.
 
Ada dua jenis HDD berdasarkan kecepatannya. Yaitu HDD dengan kecepatan piringan 5200 RPM dan 7200 RPM. HDD dengan kecepatan piringan 7200 RPM memilki performa dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDD 5200 RPM.
 
HDD adalah media penyimpanan yang sudah lama digunakan, karenanya penggunaannya cukup populer dan sudah banyak orang yang familiar dengan HDD.
 
Sedangkan SSD adalah media penyimpanan dengan teknologi terbaru. SSD dikembangkan dari teknologi RAM. Jadi bisa dipastikan SSD memiliki performa yang lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD.
 
Lalu pertanyaannya adalah, bisakah SSD meningkatkan performa laptop mura?
 
Jika kamu punya laptop entry-evel yang biasanya memiliki performa pas-pasan dan ingin mengupgrade komponennya, hanya ada dua piliha. Yaitu mengupgrade RAM atau media penyimpanannya.
 
Hanya dua komponen tersebut yang bisa kamu upgrade. Karena kompnonen lain seperti prosesor dan kartu grafis biasanya telah menyatu dengan motherboard sehingga tidak memungkinkan untuk di upgrade.
 
Jika dana kamu terbatas, maka kamu harus memilih salah satu komponen untuk di upgrade (RAM atau media penyimpanan). Jika media penyimpanan laptop yang kamu gunakan adalah HDD, maka sangat disarankan untuk mengupgrade nya dengan SSD.
 
Kenapa? Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa komponen terpenting yang sangat berpengaruh terhadap performa laptop adalah media penyimpanannya. Karenanya, gunakanlah SSD untuk meningkatkan performa laptop.
 
Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah, pastikan bahwa laptop kamu memang memungkinkan untuk dilakukan penggantian media penyimpanan dengan SSD. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan terhadap komponen-komponen lainnya.