7 Fitur Baru yang Akan Dibawa macOS 10.13 High Sierra

16/06/2017

Acara tahunan Worldwide Developer’s Conference (WDC) baru saja digelar, tepatnya pada tanggal 7 Juni lalu di San Jose. Dalam acara tersebut, Apple memperkenalkan sistem operasi macOS versi terbarunya yaitu macOS High Sierra (versi 10.13). Saat ini sistem operasi tersebut masih dalam tahap beta, public beta akan tersedia pada akhir bulan ini ketika telah siap.
 
Apa saja fitur baru yang dibawah oleh macOS High Sierra?
 
Fitur Baru dan Peningkatan Kecepatan Safari
Apple VP Craig Federighi menjelaskan bahwa Safari di macOS High Sierra akan mengalami peningkatan performa yang signifikan. Ia juga berkata bahwa Safari versi terbaru ini akan mampu memproses Javascript 80% lebih cepat dibandingkan dengan Chrome.
 
Safari juga secara otomatis melindungi para penggunanya dari pelacakan yang biasa dilakukan oleh website yang sedang dikunjungi. Fitue penting lainnya adalah kemampuan memblokir website untuk memainkan video secara otomatis.
 
File System Baru
Di macOS High Sierra, Apple berencana untuk menggunakan file system terbaru buatannya sendiri yaitu Apple File System (APFS). Penggunaan file system baru ini mungkin tidak akan begitu terlihat menarik untuk banyak orang.
 
Apple mengklaim bahwa penggunaan file system APFS akan akan meningkatkan kecepatan baca-tulis. Itu artinya proses seperti copy-paste akan berjalan lebih cepat. Apple juga berkata bahwa APFS memiliki fitur enkripsi bawaan yang membuat data-data pengguna lebih aman dari penyadapan.
 
Peningkatan Performa Aplikasi Mail
Aplikasi email bawaan macOS adalah salah satu aplikasi favorit para pengguna macbook. Karenanya, Apple menambahkan beberapa fitur baru di versi ini.
 
Fitur baru tersebut antara lain adalah pencarian yang lebih baik. Aplikasi ini juga akan 35% lebih hemat kapasitas hard disk dibandingkan dengan versi sebelumnya.
 
Peningkatan Grafis dan Dukungan Virtual Reality
Apple juga turut memperkenalkan versi terbaru dari Metal, teknologi grafis buatannya sendiri, yang kini telah mencapai versi 2. Apple juga mengatakan bahwa macbook akan dapat digunakan untuk menikmati konten Virtual Reality.
 
Video yang Lebih Baik
Apple turut emperkenalkan dan mempromosikan codec video H.264 di industri streaming video. Codec tersebut, menurut Apple, membuat video menjadi lebih cepat dan lebih sedikit buffering. 
 
Lebih Mudah Membuat dan Mengatur Catatan
Di macOS versi ini, aplikasi Notes” atau catatan akan bekerja dengan lebih baik. Catatan akan dipisahkan berdasarkan waktu terakhir penyuntingan. Nantinya pengguna juga bisa membuat catatatn penting agar selalu berada diatas.
 
Spotlight yang Lebih Canggih
Spotlight adalah alat untuk mencari segala macam hal, mulai dari file, sampai dengan website di macOS. Di versi mendatang, Spotlight akan mendapatkan update yang cukup besar.
 
Spotlight akan mampu menampilkan informasi jadwal penerbangan, juga menampilkan informasi-informasi mengenai artikel yang sedang banyak dibaca orang.
 
Itu dia fitur-fitur keren yang akan hadir di macOS Sierra versi 10.13. Apakah kamu belum punya Macbook? Buruan beli, kamu bisa melihat spesifikasi lengkap laptop ini disini.