Laptop Microsoft Surface VS Dell XPS 13, Mana yang Lebih Baik?

17/06/2017

Laptop Microsoft Surface  adalah perangkat dengan bentang layar 13 inci yang mendapatkan banyak pujian dari para pengguna laptop, tapi bagaimana jika dibandingkan dengan laptop Dell XPS 13? Dell XPS juga menawarkan banyak kelebihan yang sama dengan Microsoft Surface Laptop.
 
Microsoft Surface Laptop menawarkan desain yang menawan, dilapisi dengan material Alcantara, layar sentuh dan juga performa yang tinggi. Namun, Dell XPS 13 juga tak kalah jika dibandingkan dengan Surface, baik dari segi desain maupun performa. 
 
Dell XPS 13 menawarkan layar dengan Infinity Display”, jumlah port yang lebih banyak dibandingkan surface, dan tersedia dalam 2 pilihan layar yaitu touchscreen maupun non-touchscreen. Jadi, manakah yang terbaik diantara keduanya?
 
 
Surface Laptop
Dell XPS 13
Prosesor
Intel Generasi ke-7 Kaby Lake Core i5/i7
Intel Generasi ke-7 Kaby Lake Core i3/i5/i7
Harga
 
Mulai dari 21 Juta
Baterai
9:03
9:11 (touch), 13:49 (non-touch)
Layar
13.5 inci (2256 x 1504)
13.3 inci (non touch: 1920 x 1080, touch: 3200 x 1800)
Port
1xUSB 3.0, Mini Display Port, Surface Connect, Headphone Jack
2xUSB 3.0, SD Memory Reader, Headphone Jack, 1xThunderbolt 3
Tebal
1.5 Cm
1.5 Cm
Berat
1.22 Kg
1.27 Kg
 
Desain
XPS 13 adalah laptop dengan desain yang sangat menarik, terutama pada bagian layarnya yang hanya memiliki sedikit bezel. Penggunaan sedikit bezel tersebut membuat layar terlihat lebih lebar dari aslinya. Perangkat ini dilengkapi dengan keyboard yang nyaman, dengan warna karbon fiber.
 
Namun jika harus diakui bahwa Surface Laptop memiliki keyboard yang lebih baik. Dilapisi dengan material bernama Alcantara—microfibre sejenis suede, sehingga menjadikannya lebih nyaman digunakan untuk mengetik.
 
Karena mengusung desain bezel yang tipis, Dell meletakan webcam perangkat ini dibagian bawah laptop. Sehingga menjadikannya lebih unik. Sedangkan Surface Laptop, sama seperti laptop pada umumnya, menempatkan webcam dibagian atas.
 
Pemenang: Surface Laptop, desainnya baru dan terasa unik. Belum banyak laptop yang mengusung desain seperti perangkat yang satu ini.
 
Layar
Dua laptop ini sama-sama memiliki layar yang bagus dan cerah, namun Dell memberikan lebih banyak pilihan. Ketika Surface Laptop hanya menyediakan layar dengan resolusi 2256 x 1504 pixel, XPS 13 memberikan 2 pilihan. Yaitu versi non-touchscreen dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, dan versi touchscreen dengan resolusi 3200 x 1800 pixel.
 
Namun kedua versi XPS 13 tersebut masih kalah dengan layar yang dibawa oleh Surface Laptop. Pasalnya, layar Surface Laptop terbukti lebih cerah dan dapat menampilkan warna dengan lebih akurat jika dibandingkan dengan XPS 13.
 
Pemenang: Surface Laptop, dengan layar yang lebih cerah dan mampu menampilkan lebih banyak warna.
 
Keyboard
Kedua laptop ini sama-sama memiliki backlit keyboard yang sangat baik untuk mengetik. Surface Laptop bahkan mendapat predikat sebagai salah satu laptop dengan keyboard terbaik untuk mengetik. Namun, Dell XPS 13 juga memiliki keyboard yang tak kalah keren.
 
Pemenang: Surface Laptop karena menghadirkan pengalaman mengetik yang lebih baik.
 
Port
Surface Laptop adalah perangkat yang diperkenalkan Microsoft pada tahun 2017, namun sayangnya belum dilengkapi dengan port USB type-c. USB type-c adalah standar baru untuk USB karena bisa digunakan banyak hal, mulai dari transfer data hingga mengisi data.
 
Sebagai gantinya, Microsoft membekali laptop ini dengan port USB 3.0, Headphone Jack, Mini DisplayPort, dan sebuah port khusus untuk mengisi daya bernama Surface Connector.
 
Jika dibandingkan dengan Surface Laptop, maka XPS 13 lebih baik dalam hal jumlah port. XPS 13 memiliki dua buah port USB 3.0, SD Card Reader, sebuah Headphone Jack, dan sebuah port USB type-c yang bisa digunakan baik untuk mengisi daya maupun transfer data.
 
Pemenang: XPS 13 dengan lebih banyak port dan juga USB type-c.
 
Performa
Baik Surface Laptop maupun XPS 13 sama-sama menawarkan performa yang tinggi dan juga cepat. Dengan spesifikasi yang hampir sama, yaitu Core i5 7200U, 8GB RAM, serta 256GB SSD, kedua lapto ini memiliki skor yang sama ketika dilakukan benchmark menggunakan Geekbench 4 (XPS 13: 7.159, Surface Laptop: 7.157).
 
Penyimpanan SSD yang digunakan oleh XPS 13 terbukti lebih unggul jika dibandingkan SSD milik Surface Laptop. SSD milik XPS 13 memiliki kecepatansfer file rata-rata 339.3 MBps. Sedangkan Surface Laptop hanya 110.6 MBps saja.
 
Pemenang: Dengan SSD yang lebih cepat, XPS 13 dapat bekerja lebih baik.
 
Baterai
Terkadang, touchscreen bisa membuat baterai menjadi lebih cepat habis. Dari hasil pengetesan yang dilakukan, baik Surface Laptop maupun XPS 13 (touchscreen) sama-sama hanya bisa bertahan hingga 9 jam. Sedangkan XPS 13 non-touchscreen dapat bertahan jauh lebih lama yaitu 13 jam dan 49 menit dengan waktu pengetesan yang lama.
 
Pemenang: Baterai XPS 13 non-touchscreen dapat bertahan hingga 5 jam lebih lama jika dibandingkan dengan versi touchscreen.
 
Harga
Secara harga, XPS 13 lebih bervariasi karena memiliki dua versi yang berbeda (touchscreen dan non-toucsreen). Namun kedua versi tersebut memang masih lebih murah jika dibandingkan Surface Laptop. Perbedaan harga yang cukup signifikan dengan spesifikasi yang sama.
 
Pemenang: XPS 13 dengan harga yang lebih masuk akal jika dibandingkan dengan Surface Laptop.
 
Kesimpulan
 
Surface Laptop
Dell XPS 13
Desain
heavy check mark
 
Layar
heavy check mark
 
Keyboard
heavy check mark
 
Port
 
heavy check mark
Performa
 
heavy check mark
Baterai
 
heavy check mark
Harga
 
heavy check mark
Skor
3
4
Secara keseluruhan, Surface Laptop mendapatkan 3 poin dan XPS 13 mendapatkan 4 poin. Ini tentu adalah perbandingan yang sangat ketat. Keduanya hanya terpaut sedikit sekali perbedaan baik dari segi desain, keyboard, serta perorma.
 
Untuk desain, layar serta keyboard, Surface Laptop lebih unggul dibandingkan dengan XPS 13. Namun untuk urusan performa, daya tahan baterai serta jumlah port, maka XPS 13 adalah juaranya.
 
Yang manakah pilihan kamu?