Membandingkan MacBook Pro dan Surface Laptop: Bedanya Cuma Seujung Kuku?

21/06/2017

Microsoft dan Apple sama-sama menginginkan kmau untuk membeli notebook 13 inci mereka. Microsoft dengan Surface Laptop-nya, dan Apple dengan MacBook Pro-nya. Namun pertanyaannya adalah, manakah dari kedua notebook tersebut yang paling cocok untuk kamu?
 
Kelebihan MacBook Pro terletak pada performanya yang powerfull. Sedangkan Surface Laptop terlihat sangat menawan dengan desainnya.
 
Berikut ini adalah perbandingan spesifikasi Surface Laptop dan MacBook Pro.
 
 
Surface Laptop
MacBook Pro
Prosesor
Intel Core i5, i7 Kaby Lake
Intel Core i5, i7 Kaby Lake
Harga
$999
$1.299
Baterai
9 jam 3 menit
8 jam 40 menit
Layar
13.5 inci (2256 x 1504)
13.3 inci (2560 x 1600)
Port
1xUSB 3.0, Mini DisplayPort, Surface Connect, Headphone Jack
4xThunderbolt 3, Headphone Jack
Ketebalan
0.6 inci
0.6 inci
Berat
1.2 Kg
1.3 Kg
Fitur Spesial
Windows Ink, Surface Dial Support
Touch Bar
Desain
Sebagai sebuah laptop, MacBook Pro sudah memiliki nama dan reputasi yang baik dikalangan para pengguna laptop, terutama para penggemar produk-produk Apple. MacBook Pro terbaru dilengkapi dengan Touch Bar yang menggantikan tombol fungsi (F).
 
Sedangkan Surface Laptop bisa dikatakan adalah laptop baru jika dibandingkan dengan MacBook Pro. Surface Laptop tersedia dalam dua varian warna yang unik, yaitu merah dan biru. Keunikannya terletak pada pewarnaan untuk seluruh bodi laptop, bahkan sampai ke keyboard.
 
Sama-sama memiliki ketebalan 0.6 inci, dua laptop ini sama-sama langsung dan tipis. Namun Surface Laptop lebih ringan karena memiliki berat hanya 1.2 Kg saja, sedangkan MacBook Pro memiliki bobot 1.3 Kg.
 
Pemenang: Surface Laptop, karena memiliki pilihan warna yang lebih menarik jika dibandingkan dengan MacBook Pro.
 
Layar
Dua laptop berukuran 13 inci ini sama-sama memiliki resolusi tinggi, namun manakah yang lebih baik? Secara keseluruhan, MacBook Pro lebih baik dalam hal layar jika dibandingkan dengan Surface Laptop.
 
Dengan resolusi 2560 x 1600 pixel, tentu lebih tinggi jika dibandingkan Surface Laptop yang hanya memiliki resolusi sebesar 2256 x 1.504 pixel. MacBook Pro juga memiliki layar yang lebih cerah dibandingkan dengan layar milik Surface Laptop.
 
Pemenang: MacBook Pro, karena memiliki layar yang lebih terang dan resolusi yang lebih tinggi. Dua hal tersebut lebih penting jika dibandingkan dengan fitur layar sentuh.
 
Keyboard
MacBook Pro dan Suraface Laptop sama-sama memiliki fitur backlit keyboard, namun dengan tingkat kenyamanan yang berbeda saat digunakan mengetik. Dari hasil pengujian, keyboard milik Surface Laptop terbukti lebih nyaman digunakan untuk mengetik.
 
Selain itu, keyboard Surface Laptop juga memiliki tobol-tombol standar yang biasa ada di keyboard. Berbeda dengan keyboard milik MacBook Pro yang sedikit berbeda, terutama dengan Touch Bar-nya.
 
Pemenang:  Surface Laptop, karena keyboard-nya mudah digunakan dan tidak perlu belajar lagi untuk menggunakannya.
 
Port
Hal  paling kontroversial dari MacBook Pro adalah minimnya port yang tersedia. MacBook Pro hanya memiliki dua jenis port, yaitu 4 buah port USB Type-C dan satu port Audio Jack. Itu artinya kamu perlu menggunakan dongle tambahan jika ingin menggunakan USB 2.0, USB 3.0, HDMI, dan port lainnya.
 
Sedangkan Surface Laptop memiliki jenis port yang lebih beragam, mulai dari satu port USB 3.0, Mini DisplayPort dan Surface Connector Port untuk mengisi daya dan docking. Total hanya ada 3 port di Surface Laptop.
 
Pemenang: Seri. Kedua laptop ini sama-sama minim” port.
 
Performa
Tahun ini MacBook Pro akhirnya di upgrade dengan menggunakan prosesor generasi ke-7 Kaby Lake seperti notebook terbaru lainnya. MacBook Pro dibekali dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Surface Laptop.
 
MacBook Pro dibekali dengan 28-watt Core i5 / i7, sedangkan Surface Laptop hanya menggunakan versi 15-watt saja. Memadukan prosesor dan SSD yang lebih cepat, laptop besutan Apple ini tentu lebih cepat dibandingkan dengan laptop milik Microsoft.
 
Dari hasil pengujian dengan menggunakan Geekbenc 4, Macbook Pro (Core i5-7267U, 8GB RAM, 512 PCIe NVMe SSD) mencetak angka 9.213. Sedangkan Surface Laptop (Core i5-7200U, 8GB RAM, dan 256 SSD) hanya mampu memperoleh angka 7.157 saja.
 
Pemenang: Macbook Pro dengan kinerja yang lebih handal dibandingkan dengan Surface Laptop.
 
Baterai
Dari hasil pengujian dengan membuka halaman web yang sama dan tingkat kecerahan yang sama, baterai MacBook Pro hanya mampu bertahan selama 8 jam dan 40 menit. Sedangkan Surface Laptop mampu bertahan hingga 9 jam 2 menit.
 
Pemenang: Surface Laptop karena baterainya mampu bertahan 22 menit lebih lama jika dibandingkan dengan MacBook Pro.
 
Fitur spesial
Salah satu fitur paling menonjol di MacBook Pro adalah Touch Bar yang dibawanya. Touch Bar menggantikan tombol fungsi (F) yang bisa berubah-ubah sesuai dengan aplikasi yang sedang digunakan oleh pengguna.
 
Bahkan Touch Bar ini juga terintegrasi dengan Touch ID untuk memindai sidik jari. Sangat bergunauntuk membuka aplikasi seperti Apple Pay dan 1Password.
 
Sedangkan fitur spesial dari Surface Laptop adalah layar sentuh, serta dukungan untuk Surface Dial dan Stylus Pen. Namun, untuk mendapatkan dua aksesoris tersebut kau harus membayar senilai $99.
 
Pemenang: Punya fitur layar sentuh dan stylus adalah hal yang bagus. Namun sebenarnya fitur tersebut hanya cocok digunakan untuk laptop 2-in-1. Touch Bar di MacBook Pro lebih keren jika dibandingkan dengan stylus milik Microsoft Surface Laptop.
 
Harga
Dari segi harga, Surface Laptop lebih unggul jika dibandingkan dengan MacBook Pro. Surface Laptop dengan harga $1.299, menawarkan penyimpanan dua kali lebih besar yaitu 256GB jika dibandingkan dengan MacBook Pro dengan kapasitas 128GB.
 
Pemenang: Surface Laptop, dengan harga yang murah namun penyimpanan internal laptop lebih besar jika dibandingkan dengan MacBook Pro.
 
Kesimpulan
 
Surface Laptop
MacBook Pro
Desain
heavy check mark
 
Layar
 
heavy check mark
Keyboard
heavy check mark
 
Port
heavy check mark
heavy check mark
Performa 
 
heavy check mark
Baterai
heavy check mark
 
Fitur spesial
 
heavy check mark
Harga
heavy check mark
 
Nilai
5
4
Walaupun perbedaannya tidak terlalu jauh, namun Surface Laptop tetap lebih unggul jika dibandingkan dengan MacBook Pro. Namun, semua pilihan tergantung kamu, ingin menggunakan Surface Laptop atau MacBook Pro.