Tips Membeli Laptop Untuk Pelajar

22/06/2017

Saat ini, penggunaan laptop oleh pelajar sudah menjadi hal yang lumrah. Laptop bisa menjadi alat penunjang belajar yang sangat efisien untuk para pelajar.
 
Mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah, mencari bahan bacaan, sampai dengan melakukan riset, semuanya bisa dilakukan dengan laptop. Lebih praktis dan hemat kertas.
 
Dengan laptop, pelajar menjadi lebih mudah dalam mempelajari banyak hal. Namun jangan sampai salah membeli laptop untuk pelajar. Belilah laptop yang memang benar-benar cocok untuk digunakan seorang pelajar.
 
Berikut ini adalah tips membeli laptop untuk pelajar
 
Pilih laptop yang ringan
Salah satu poin terpenting ketika ingin membeli laptop untuk pelajar adalah ukurannya yang ringan. Dengan ukurannya yang ringan, laptop dapat dibawa ke sekolah tanpa membebani tas pelajar.
 
Utamakan untuk membeli laptop dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar dan bobot yang ringan. Kecuali jika kamu adalah seorang pelajar yang sedang mempelajari CAD atau desain 3D, mungkin harus menggunakan laptop yang tebal dan berat.
 
Ukuran layar yang dianjurkan untuk pelajar adalah 11 inci sampai dengan 14 inci. Laptop berukuran 14 inci sangat cocok untuk pelajar SMA. Sedangkan untuk dibawahnya, 11 inci  sangat pas.
 
Cari laptop yang kokoh
Jika kamu punya biaya yang cukup, sangat dianjurkan untuk membeli laptop berbahan aluminum, magnesium alloy, atau serat karbon sehingga laptop menjadi lebih kokoh. Juga pertimbangkan untuk membeli laptop dari vendor yang mengklaim bahwa laptopnya memiliki daya tahan lebih.
 
Contohnya adalah Acer, Lenovo, dan HP. Beberapa laptop bisnis juga telah lulus uji MIL-SPEC 810G yang memiliki daya tahan lebih jika dibandingkan dengan laptop pada  umumnya. Beberapa laptop bahkan tahan banting dari ketinggian tertentu.
 
Beli laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi
Kamu pasti tidak mau sering-sering mengganti laptop sebelum lulus bukan? Karenanya, pertimbangkanlah untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama, setidaknya sampai kamu lulus sekolah.
 
Spesifikasi yang disarankan untuk seorang pelajar adalah RAM 4GB, penyimpanan SSD, dan prosesor Intel Core i5 atau diatasnya. Dengan spesifikasi tersebut, laptop kamu akan memiliki performa yang dapat diandalkan dalam waktu yang lama.
 
Pilih laptop dengan OS yang tepat
Saat ini ada cukup banyak sistem operasi yang bisa kamu gunakan di laptop. Beberapa diantaranya adalah Microsoft Windows 10, Chrome OS, macOS, sampai dengan elementary OS. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
 
Jika kamu hanya sering mengerjakan tugas dengan Microsoft Office, maka Windows 10 cocok untuk kamu. Jika kamu adalah pelajar yang sering belajar desain, maca macOS cocok untuk kamu. Namun jika kamu sering belajar pemrograman, elementary OS sangat cocok untuk kamu.
 
Pilih laptop dengan daya tahan baterai panjang
Sebagai seorang pelajar, tentu kamu membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai yang panjang. Karena rata-rata jam belajar di sekolah adalah 6 jam lebih. Ditambah lagi jika ada pelajaran tambahan.
 
Karenanya, sangat penting untuk memilih laptop dengan daya tahan baterai yang panjang. Sehingga laptop tersebut bisa kamu gunakan untuk belajar dalam waktu yang lama tanpa perlu menghubungkannya ke pengisi daya. 
 
Pertimbangkan untuk membeli laptop 2-in-1
Laptop 2-in-1 adalah pilihan yang baik untuk seorang pelajar. 2-in-1 bisa menangani berbagai macam kegiatan komputasi yang digabungkan dengan fleksibilitas tablet. Secara umum, ada dua tipe 2-in-1 yaitu laptop dengan keyboard yang bisa diputar 360 derajat. Dan juga laptop yang keyboardnya bisa dilepas.
 
Beberapa laptop 2-in-1 yang cocok untuk pelajar adalah HP Spectre  x360 dan Surface Pro.
 
Itu dia tips untuk kamu yang ingin membeli laptop untuk pelajar.