Acer Swift 3 - Laptop Tipis Bertenaga Core i7 dan RAM 8GB

04/07/2017

Acer Swift 3 adalah laptop termurah dalam lini Swift, namun performanya sangat mengejutkan jika dibandingkan dengan harganya yang bisa dibilang murah. Acer Swift 3 dibekali dengan bodi yang ramping, keyboard yang nyaman digunakan, performa yang dapat diandalkan, serta baterai yang dapat bertahan lama.
 
Acer Swift 3 di Indonesia dibanderol dengan harga mulai dari 12 jutaan. Harga tersebut termasuk murah jika dibandingkan dengan laptop lain dengan spesifikasi sama, yang rata-rata dibanderol dengan harga diatas 14 juta.
 
Saat ini banyak para pengguna laptop yang menginginkan laptop dengan bodi yang tipis, hardware yang cepat, serta layar yang mantap. Dan dari banyak perangkat yang beredar di pasaran, Acer Swift 3 adalah salah satu perangkat yang memenuhi ketiga unsur tersebut.
 
Desain
Dengan bodinya yang tipis, Swift 3 sangat mudah untuk dibawa kemanapun juga. Di masukkan kedalam tas, ataupun di pangku ketika digunakan. Swift 3 sangat nyaman dibawa bersama kamu yang sering bekerja sambil bepergian.
 
Seluruh bodi Swift 3 dibalut dengan bahan metal. Membuatnya menjadi semakin terlihat elegan. Dibekali dengan layar berukuran 14 inci Full-HD dengan IPS Panel, membuat perangkat ini lebih nyaman digunakan dalam waktu yang lama.
 
Untuk menambah kenyamanan ketika mengetik Acer menambahkan fitur backlit pada keyboardnya. Jadi kamu tetap bisa mengetik walaupun berada di ruangan yang cukup gelap.
 
Spesifikasi Singkat Acer Swift 3
Layar
14 inci
Resolusi
1920 x 1080 pixel non-touch, IPS
Prosesor
Intel Skylake Core i7-6500U
RAM
8GB
Penyimpanan
256GB SSD
Baterai
48 Wh
Port
2x USB 3.0 slots, 1x USB 3.1 Type-C gen 1, HDMI, card-reader, mic/headphone, Kensington lock
Berat
1.525 Kg
Seperti yang bisa kamu lihat di atas, Acer Swift 3 menggunakan prosesor dari generasi Skylake dan bukan dari Kaby Lake (yang lebih baru). Namun perbedaan antara Skylake dan Kaby Lake tidak begitu signifikan, sehingga bisa dipastikan perangkat ini tetap dapat bersaing dengan perangkat yang menggunakan prosesor dari keluarga Kaby Lake.
 
Layar
Acer membekali Swift 3 dengan sebuah layar berukuran 14 inci lengkap dengan panel IPS. Layar tersebut memang bukan yang terbaik saat ini, namun layar Swift 3 tetap dapat membuat kamu nyaman menggunakannya dalam waktu yang lama. 
 
Salah satu keunikan lain dari perangkat ini adalah, kamu bisa mengangkat layar laptop ini dengan satu tangan. Sehingga ketika akan menggunakannya, kamu hanya perlu mengangkat layarnya dengan satu tangan. Praktis.
 
Keyboard dan trackpad
Keyboard yang dibawa oleh Swift 3 bisa dikatakan adalah keyboard yang sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Jarak antar tombolnya begitu pas, tidak terlalu lebar dan tidak terlalu berdekatan. Terdapat beberapa tombol tambahan seperti Home, End, PgUp dan PgDw.
 
Seperti yang sudah disampaikan di awal artikel, bahwa keyboard laptop ini dilengkapi dengan backlit. Kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya dengan menggunakan tombol Fn+F9. 
 
Perangkat keras dan performa
Prosesor dan RAM di solder menjadi satu bersama motherboard, yang artinya kamu tidak bisa menambah kapasitas RAM perangkat ini. Tapi kamu masih bisa mengupgrade penyimpanannya.
 
Untuk dapat mengakses perangkat keras tersebut, kamu cukup membuka baut mengunci bagian bawah laptop. Cukup mudah membukanya, dengan hanya bermodalkan satu buah obeng plus berukuran kecil.
 
Secara umum, performa perangkat ini sanga baik dan dapat digunakan untuk menangani komputasi yang cukup berat. Perpaduan antara Intel Core i7, RAM 8GB dan penyimpanan berupa SSD tentu berdampak positif pada performa laptop ini.